Minggu, 21 Maret 2010

Komputer Pembaca Pikiran


Pernah mendengar kursi roda yang bisa dijalankan melalui pikiran seperti Audeo dan BSI-Toyota ?. Kali ini teknologi yang sama digunakan untuk kebutuhan yang lebih luas.
IntendiX adalah sebuah sistim komputer pertama yang bisa dikendalikan melalui otak atau disebut dengan Brain-Computer Interface (BCI).
Kegunaan intendiX untuk membantu para pasien yang mengalami kelumpuhan secara total tetapi otaknya sendiri masih bisa berfungsi dengan baik.
Dengan menggunakan penutup kepala yang dilengkapi sensor dan disambung ke komputer yang telah diinstal aplikasi intendiX, pasien tersebut dapat menulis kata melalui pikiran dan ditampilkan ke dalam sebuah komputer.
Menurut si pembuat, hanya butuh waktu sekitar 10 menit bagi si pengguna untuk mempelajari intendiX dan pengguna bisa mengetik antara 5 – 10 kata per menit setelah itu.

Selain untuk menyampaikan sesuatu kepada anggota keluarga, intendiX juga bisa digunakan untuk home control yaitu seperti mematikan lampu dan lainnya melalui pikiran tersebut.
Teknologi ini sendiri (BCI) sudah banyak dikembangan tetapi intendiX adalah yang pertama yang bisa digunakan oleh umum atau sudah mulai dijual untuk penggunaan pribadi.
Sayangnya, teknologi yang sangat berguna ini tidak bisa dimiliki oleh setiap orang mengingat harganya yang mencapai US$ 12.000 (coba yang depan angka 12.000 "RP"):D

Tidak ada komentar: